Jumat, 05 September 2014

Tips Belajar Untuk Menghadapi Ujian

Tips Belajar Untuk Menghadapi Ujian, Banyak sekali anak SMP atau anak SMA akan belajar ketika besok ada ulangan. Tentunya dengan belajar seperti itu itu akan percuma saja, jika belajar hanya semalaman itu akan membuta pusing, malah malamnya tidak belajar dengan sungguh – sungguh, tetapi malah bikin contekan. Hal inilah orang tua harus mengawasi pada anaknya dan juga menerapkan cara belajar yang baik untuk anaknya, agar kemauan untuk belajar setiap hari terus meningkat. Berikut ini adalah tips belajar untuk menghadapi ujian. Baca juga artikel tentang Menjadi Anak Berprestasi Disekolah dan Diluar Sekolah.

Tips - tips belajar untuk menghadapi ujian

Membuat catatan atau mencatat intisari dari pelajaran
Pada setiap bab pelajaran pasti ada sesuatu yang penting yakni intisari dari pelajaran tersebut. Pada bagian ini anda harus membuat catatan tersendiri pada setiap babnya. Dengan anda merangkum bab atau materi dari pelajaran ini sangat berguna untuk menghadapi ujian.

Tips Belajar Untuk Menghadapi Ujian
Picture by Google

Belajar kelompok
Di kala waktunya mungkin anda merasa bosan bila belajar sendirian. Bila anda benar – benar merasakan bosan sebaiknya anda melakukan belajar kelompok dengan teman  - teman. Belajar kelompok itu sangat membantu untuk menjadikannya belajar menjadi menyenangkan dan sangat efektif. Dengan mengadakan belajar kelompok bersama teman – teman dirasa sangat membantu nada dalam belajar. Sebaiknya belajar kelompok itu mengajak teman – teman yang dirasa pandai yang di harapkan bida membimbing teman – teman  bila ada soal yang sulit dan juga di harapkan bisa termotivasi dan bisa ketularan pintar.

Bertanya kalau belum paham
Para guru biasanya akan selesai membahas bab atau mata pelajaran dan para murid – muridnya bisa bertanya kepada gurunya. Biasanya guru akan bertanya kepada muridnya seperti ini “apakah kalian sudah jelas ? bila ada yang belum jelas silahkan bertanya”. Pada kesempatan ini diharapkan murid yang belum jelas bisa bertanya kepada guru tentang apa yang sulit di dalam pelajaran ini. Bila ragu atau merasa kurang paham akan di jelaskannya lagi dan perlu di ingat bila anda merasakan kurang jelas sebaiknya jangan takut untuk bertanya. Baca juga artikel tentang universitas terpopuler di dunia.

Tekun dan selalu disiplin dalam hal belajar
Yang penting disini adalah kualitas belajarnya. Walaupun anda belajar hanya 1 – 2 jam perhari bila anda melakukannya terus menerus anda pasti kan merasakan manfaatnya dari pada anda tidak pernah belajar dan kalau ada ulangan malamnya baru  akan belajar. Bila anda belajar pada saat ulangan saja itu sangatlah percuma karena sangat membebani otak anda. Belajar yang baik adalah belajar secara terus menerus dan secara disiplin itulah yang merupakan belajar dengan disiplin.

Hindari sikap tidak jujur
Pada saat ini banyak sekali siswa yang membuat contekan yang dilakukan pada saat ulangan atau ujian. Bila seorang siswa belajar dengan teratur dan disiplin maka siswa tersebut selalu  siap untuk menghadapi ulangan yang sifatnya dadakan dan tidak memerlukan contekan.

0 komentar:

Posting Komentar