Rabu, 18 Desember 2013

Aktivitas CSR Perusahaan Microsoft

Setelah Anda mengetahui tentang sejarah microsoft, setiap perusahaan pada masa kini direkomendasikan untuk peduli sosial dan lingkungan yang memiliki istilah gerakan atau aktivitas CSR.

Sekilas tentang CSR yaitu sebuah gerakan untuk mewujudkan rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada.

Aktivitas CSR Perusahaan Microsoft
Sumber Gambar Wikipedia

Jika berbicara mengenai perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan sahabatnya ini yaitu Microsoft, perusahaan tersebut meraih penghargaan sebagai The Best Of CSR by the Reputation Institute for our philanthropy efforts.

Namun menurut analisis dari sebuah situs web marketing yang bermarkas di United Kingdom Microsoft memang dua kali berturut-turut menjadi "rajanya" CSR tapi itu sudah menurun tajam dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Microsoft gave more than $900m in cash and software to nonprofits worldwide last year, reduced its carbon emissions by 30 per cent per unit of revenue compared with 2007 and made the company’s biggest ever investment in overall employee compensation, according to its 2012 citizenship report.
http://www.marketingweek.co.uk/

Secara singkatnya pada akhir tahun lalu yaitu 2012 Microsoft berusaha untuk menekan angka emisi karbonnya sebanyak 30%.

Salah satu alasan mengapa Microsoft bisa ramah lingkungan adalah mereka menggunakan panel surya untuk memproduksi energi atau sumber energi untuk menjalankan peralatan-peralatannya, baik di Kampus Utama Microsoft atau di Kantornya sendiri di AS.

Berbicara mengenai transportasi perusahaan ini mengandalkan "Shuttle Connect" yang dioperasikan untuk mengangkut orang-orang yang akan menuju maupun keluar dari wilayah Microsoft dan "Shuttle Connect" dijalankan menggunakan mobil hibrida untuk menghemat bahan bakar.

Sedangkan CSR Microsoft di India perusahaan ini berusaha untuk membantu memecahkan masalah sosial dan menciptakan peluang baru dalam bidang ekonomi.

"Kewarganegaraan yang baik adalah hanya bisnis yang baik. Ini hal yang benar untuk dilakukan. Ini siapa kita sebagai sebuah perusahaan. Ini komitmen kami kepada masyarakat di seluruh dunia. Ini benar-benar sederhana itu."
- Kevin Turner, Microsoft Chief Operating Officer
Menarik untuk kita simak apakah tahun ini Microsoft mampu mempertahankan kualitasnya sebagai perusahaan yang unggul dalam CSR.

Hal yang sebenarnya patut dinantikan juga bahwa Microsoft Indonesia juga mampu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia bukan hanya sebagai ajang untuk mendekatkan perusahaan kepada masyarakat dari sisi keuntungan perusahaan saja.

Referensi: Wikipedia, Microsoft India, Marketingweek.co.uk, usaha-kecil.com

0 komentar:

Posting Komentar