Rabu, 18 Desember 2013

Sejarah dan Asal Mula Lahirnya Microsoft Milik Bill Gates

Siapa yang tidak kenal dengan nama perusahaan yang bermarkas di Redmond, Washington, WA, Amerika Serikat yang sering disebut Microsoft milik Bill Gates. Lalu Bagaimana sejarahnya atau asal mulanya perusahaan ini menjadi perusahaan multinasional?

Sejarah dan Asal Mula Lahirnya Microsoft Milik Bill Gates
Logo Copyright Microsoft Corp.
Pada awalnya di tahun 1983 perusahaan ini membuat sistem operasi antar muka grafis yang sedang dikembangkan untuk ditanam di MS-DOS. Antar Muka tersebut dibuat untuk mendukung sistem IBM-PC.

Versi awal yang dilahirkan adalah Windows 1.0, Windows 2.x, Windows 2.1x, Windows 3.0, OS/2, Windows 3.1, Windows for Workgroups, Windows NT, Windows 95, Windows NT 4.0, Windows 98.

Versi yang lebih baru adalah Windows 2000, Windows Me, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Fundamentals for Legacy PCs, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7.

Sedangkan versi paling baru adalah Windows 8.

Untuk melihat urutan waktunya bisa dilihat dibawah ini.
Klik Gambar Untuk melihat lebih jelas.

Sejarah dan Asal Mula Lahirnya Microsoft Milik Bill Gates
Sumber Gambar: Wikipedia

Microsoft Corporation ini merupakan bentuk dari hasil kerja keras dua sahabat yang bernama Paul Allen dan Bill Gates. Hal ini diakibatkanAllen melihat sampul depan majalah Popular Mechanics, terbitan Januari 1975, yaitu gambar komputer mikro rakitan baru yang revolusioner MITS Altair 8080 (komputer kecil ini menjadi cikal bakal PC di kemudian hari).

Kedua sahabat itu bergegas ke sebuah komputer Harvard untuk menulis sebuah adaptasi dari program bahasa BASIC.

Melihat bahasa Basic diatas Microsoft ini sebenarnya mengembangkan dan menjual penerjemah BASIC untuk Altair 8800.

Microsoft menjadi perusahaan umum pada tahun 1986 lebih tepatnya tanggal 13 Maret kenaikan tajam harga saham berhasil menciptakan empat miliuner dan 12.000 jutawan dari kalangan karyawan Microsoft sendiri dan disinilah Microsoft mulai menunjukkan kekuatannya.

Ketika internet sudah mulai lahir maka microsoft meluncurkan Windows 95. Microsoft pada waktu itu mulai merancang ulang penawarannya dan memperluas jajaran produknya ke jaringan komputer dan World Wide Web.

Sedangkan ditahun 2006 Microsoft mulai mengembangkan OS yang berfokus pada fitur, keamanan, dan antarmuka pengguna baru yang dijuluki Aero. Fakta produk yang telah dihasilkan adalah Windows Vista dan Windows 7.

Pada masa-masa kini hadirlah Windows 8 yang merupakan OS milik Microsoft yang pertamakali menghilangkan tombol start.

Untuk Lebih jelasnya tentang Microsoft baca dibawah ini hasil terjemahan dari Microsoft Internasional.

Microsoft memfokuskan sumber daya kami di seluruh dunia untuk menciptakan peluang dalam komunitas dimana kami melakukan bisnis , memenuhi komitmen kami untuk membuat dampak positif pada dunia melalui teknologi inovatif , kemitraan , memberikan program dan penjangkauan masyarakat.

Sekilas sejarah tentang Microsoft ini adalah sebagai salah satu fakta bahwa perjalanan perusahaan ini cukup panjang dan berliku, dan sang pendirinya juga bosan dengan Harvard alias tidak melanjutkan kuliah pada waktu itu.

Referensi: Wikipedia, Inspirasi Sukses Mulia, Microsoft.com.

0 komentar:

Posting Komentar